Tips Aman Mudik Pakai Sepeda Motor

Mataram (antbnews) – Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tinggal menghitung hari. Persiapan mudik Lebaran 2022 telah disiapkan sedemikan rupa oleh masyarakat yang ingin bertemu kangen bersama sanak keluarga di kampung halaman.

Massa dalam jumlah banyak pastinya akan memadati jalan raya, pelabuhan, dan terminal. Dalam perjalanan pulang kampung atau mudik, faktor keselamatan tetap menjadi hal paling utama. Terutama bagi masyarakat yang mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Tim Safety Riding Astra Motor NTB akan membagikan tips agar perjalanan mudik Anda bersama keluarga tetap aman, tenang dan pastinya nyaman.

“Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat Anda hendak melakukan perjalan panjang dengan menggunakan sepeda motor. Selain kesiapan mental, fisik dan tentunya motor Honda Anda harus dalam kondisi fit agar perjalanan Anda tidak mengalami kendala,” kata Safety Riding Officer Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan :

1. Pastikan motor dalam kondisi prima.
Sebelum berangkat, kendaraan harus dicek dan dipastikan kondisinya layak jalan. Sebaiknya persiapkan motor Anda dengan melakukan perawatan secara berkala terlebihdahulu. Apalagi hendak melakukan perjalanan jauh.

2. Rencanakan perjalanan.
Perencanaan perjalanan kerap disepelekan. Padahal persiapan yang matang akan bagus untuk kelancaran perjalanan. Sebelum menuju ke suatu tempat, Anda harus mempersiapkan rute mana yang akan dilewati. Agar dapat terhindar dari macet juga.

3. Persiapkan riding gear dan tools.
Riding gear yang dimaksud adalah berbagai kelengkapan pengaman saat berkendara. Seperti helm, sarung tangan, jaket, celana panjang, dan sepatu.

4. Tubuh dalam kondisi fit.
Kondisi fit tidak hanya sehat, tetapi juga menerapkan waktu tidur yang cukup. Banyak kejadian kecelakaan akibat mengantuk, apa lagi microsleep, yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan kecelakaan.

Advertisement

5. Persiapkan surat kendaraan, identitas diri, uang cash secukupnya dan barang bawaan yang tak berlebihan.
Surat kendaraan tidak boleh sampai terlupakan. Dalam melakukan perjalanan via darat maupun laut, dibutuhkan surat kendaraan agar dapat melintas. Pihak kepolisian akan melakukan penjagaan di setiap pelabuhan. Dan untuk perjalanan menggunakan sepeda motor, disarankan membawa barang secukupnya agar tak menggangu perjalanan.

6. Koordinasi dengan rekan satu tujuan.
Koordinasi yang dimaksud agar tidak ada barang yang tertinggal. Juga agar tidak salah dalam perjalanan akibat mis komunikasi dalam pembacaan peta atau rambu jalan.

7. Pastikan kondisi rumah saat ditinggal dalam keadaan aman.
Sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong karena mudik, ada catatan yang perlu diingat. Pastikan listrik dalam keadaan mati, kompor mati, brangkas terkunci, jendela dan pintu juga terkunci. Ini penting agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

8. Kabari perjalanan Anda kepada keluarga di rumah dan jangan lupa berdoa.
Sebelum berangkat, sebaiknya Anda mengabari keluarga yang ada di tempat tujuan. Selain itu tidak lupa untuk berdoa agar tetap selamat selama di perjalanan.

9. Istirahat secara berkala.
Istirahat berkala juga turut menjaga konsentrasi dan keprimaan dalam berkendara. Anda dapat beristirahat sejenak di berbagai tempat, seperti SPBU yang menyediakan rest area atau di toko retail modern.

10. Patuhi protokol kesehatan, peraturan lalu lintas dan #Cari_aman.
Mematuhi protokol kesehatan adalah kunci terakhir dalam melakukan perjalanan mudik. Jangan lupa membawa masker dan hand sanitizer. Serta mematuhi lalu lintas, dengan tidak menerobos lampu merah, maupun saling menghormati pengguna jalan satu sama lainnya.
(Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top