Sudah 892.249 Pelanggan PLN NTB Peroleh Stimulus Covid-19

Petugas PLN mengecek kWh meter milik pelanggan. (Foto PLN)

Mataram, antbnews, 8/3/2021 – PLN Unit Induk Wilayah NTB terus menjalankan kebijakan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Salah satunya berupa keringanan tagihan listrik atau stimulus untuk pelanggan rumah tangga tarif subsidi daya 450 VA dan 900 VA dan juga pelanggan tarif sosial, bisnis dan industri daya 450 VA. Stimulus yang diberikan berupa keringanan pembayaran listrik, yaitu pembebasan rekening mininum dan biaya beban atau abonemen.

“Stimulus ini merupakan salah satu upaya perlindungan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi dari pemerintah melalui PLN. Kami pastikan penyalurannya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan”, jelas Lasiran, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB.

Bagi pelanggan rumah tangga daya 450 VA akan memperoleh diskon tagihan listrik dan juga token listrik sebesar 100% dan untuk pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA subsidi akan menikmati diskon sebesar 50 persen. Keringanan juga diberlakukan bagi pelanggan bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA berupa 100 persen diskon tagihan listrik.

Tercatat, di bulan Februari 2021, sebanyak 892.249 pelanggan PLN Unit Induk Wilayah NTB menikmati stimulus dalam rangka membantu pemulihan perekonomian selama pandemi Covid-19.

“Stimulus bagi pelanggan rumah tangga mulai berlaku April 2020, sedangkan untuk bisnis dan industri besar mulai Agustus 2020,” ungkap Lasiran.

Untuk pemberian stimulus bagi pelanggan pasca bayar akan langsung diperhitungkan dalam tagihan masing-masing pelanggan, sementara untuk pelangan pra-bayar atau yang menggunakan sistem token, dapat diakses melalui www.pln.co.id dan juga aplikasi New PLN Mobile.

Advertisement

“PLN saat ini telah memiliki aplikasi New PLN Mobile. Masyarakat yang mendapat stimulus dapat mengakses tokennya dengan aplikasi ini. Sangat mudah dan praktis”, ujar Lasiran.

Lasiran juga mengajak seluruh masyarakat NTB untuk segera mengunduh aplikasi New PLN Mobile untuk kemudahan memperoleh akses layanan listrik. Selain untuk memperoleh token stimulus, masyarakat juga dapat melakukan pengaduan gangguan listrik, membayar tagihan rekening listrik, beli token listrik, dan masih banyak lagi.

Selain itu, PLN juga tetap menyediakan akses melalui website www.pln.co.id atau melalui layanan WhatsApp melalui nomor 08122-123-123. Hal ini dilakukan untuk memberikan banyak pilihan akses agar pelanggan mudah mendapatkan stimulus listrik ini.

“PLN menambah saluran melalui Aplikasi PLN Mobile untuk lebih mempermudah, karena tinggal buka aplikasi di HP, masukan ID Pelanggan/Nomor Meter, sudah dapat nomor tokennya,” jelas Lasiran.

Sementara untuk penerima stimulus token pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA, tidak perlu melihat PLN Mobile, Layanan WhatsApp atau Website, karena token diskon 50 % langsung didapat atau diperoleh saat pelanggan membeli token.

Khusus untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi pasca bayar, diskon akan langsung memotong tagihan rekening listrik dan akan tersedia paling lambat tanggal 4 Maret 2021.

“Semoga stimulus ini dapat membantu meringankan masyarakat melewati masa pandemi ini”, tutup Lasiran. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top