Sinergi Kuat, Polres Lobar dan Astra Motor Gaungkan Safety Riding Merdeka

Lombok Barat (antbnews) – Menyambut perayaan HUT RI ke 77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022, Polres Lombok Barat (Lobar) menggelar kegiatan Safety Riding Merdeka dengan menggandeng salah satu perusahaan otomotif yaitu Astra Motor NTB sebagai parner dalam kegiatan ini. Acara yang dilaksanakan dari kantor Bupati Lombok Barat berjalan dengan diramaikan juga oleh ratusan komunitas dari berbagai jenis motor yang ada di NTB.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan aksi #Cari_aman dan untuk mengedukasi masyarakat atau pengendara agar tertib berlalu lintas sehingga dapat menekan lakalantas diwilayah hukum Polres Lombok Barat. Dalam kesempatan ini, Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB membawakan edukasi yang langsung di contohkan bersama pihak kepolisian.

“Tentunya dalam berkendara baik jarak dekat dan jauh, wajib hukumnya si pengendara sepeda motor untuk menggunakan helm. Karena banyak pelanggaran yang ditemui saat operasi disiplin lalulintas, pengendara yang tak memakai helm dengan alasan hanya berkendara dekat, padahal kita tidak tahu kapan bahaya akan mengancam,” jelas Satria.

Untuk itu ditekankan juga penggunaan riding gear yang lengkap sangat wajib dipakai saat berkendara. Serta diberitahukan juga potensi bahaya yang dapat terjadi saat Anda berada di jalan umum. Teknik berkendara yang baik dan benar langsung dipraktikan dengan dibantu oleh pihak kepolisian Polres Lombok Barat.

Advertisement

Harapannya sinergi yang kuat ini mampu mewujudkan masyarakat yang tertib dalam berlalu lintas serta goalsnya yaitu menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Ditambahkan oleh Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu Agus Rachman SH, dalam kegiatan Safety Riding Merdeka ini, para pengendara di edukasi mulai dari teknik atau tata cara berkendara selama berada di jalan raya seperti posisi duduk, pengereman, teknik zig-zag dan kelengkapan surat-surat serta kelengkapan peralatan yang harus di penuhi dalam berkendara.

Dari Astra Motor memberikan edukasi 7 postur berkendara, teknik pengereman, dan teknik menikung atau slalom yang aman ketika di jalan dan juga langsung di praktekkan oleh team dari Polres Lobar.

“Kegiatan ini disaksikan juga oleh rekan-rekan komunitas dari gabungan motor yang ada di NTB. Harapannya mereka dapat memberikan contoh yang baik untuk masyarakat, yang dapat dicontohkan langsung saat gelaran touring dijalan raya. Etika dalam berkendara konvoi ada aturannya, jadi semoga ini dapat mengedukasi masyarakat,” kata Iptu Agus. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top