Lima Kelompok Ternak di Labangka Sumbawa Dapat 200 Ekor Sapi

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB Hj Budi Septiani.

Mataram, antbnews – Sebanyak lima kelompok peternak di Labangka, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat mendapatkan bantuan 200 ekor sapi dari Kementerian Pertanian sebagai bagian dari program 1000 ekor sapi dan untuk mendukung program Food Estate.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) NTB Hj Budi Septiani, menjelaskan Kecamatan Labangka menjadi salah satu prioritas Kementerian Pertanian (Kementan) karena prospek berkembangnya yang bagus. Salah satu program Kementan melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), yaitu bantuan 1000 ekor sapi.

“Namun untuk tahap awal, baru terealisasi 200 ekor sapi sesuai dengan anggaran yang muncul di APBN Perubahan 2020,” katanya di Mataram, Selasa (8/12/2020).

Kementerian Pertanian, kata dia, sangat mendukung program Food Estate di Labangka. pihaknya ikut mengawal program tersebut agar jangan sampai tidak terealisasi. Sebab, sudah menjelang akhir tahun, sehingga pemerintah pussat ingin program itu dipercepat. Terlebih ada pula program lain di Labangka, yaitu pelaksanaan pengolahan pakan ternak untuk mendukung Food Estate.

Advertisement

“Anggarannya muncul di APBNP 2020 di akhir Otober. Kontraknya per 24 November sehingga kita distribusikan secara bertahap. Kami juga akan melaksanakan program 1000 Desa Sapi yang di Kabupaten Lombok Tengah,” tambah Budi.

Ia mengaku langsung menyerahkan bantuan sapi-sapi tersebut ke lima kelompok ternak yang ada di Labangka. Kelompok ternak yang memperoleh bantuan adalah mereka yang sudah lama bergelut di bidang peternakan dan kelompok ternak itu sudah terdaftar secara resmi. Artinya bukan kelompok yang baru terbentuk ketika Food Estate diprogramkan.

“Kami tidak pernah bicara masalah politik, saya sendiri yang turun, sedikitpun kami tidak menyentuh itu. Kita semata-mata ingin merealisasikan program kegiatan kita. Kalau tidak direalisasikan, nanti bisa-bisa di blacklist oleh pusat,” tuturnya.

Untuk diketahui, program Labangka Food Estate lahir dari ketertarikan Kementerian Pertanian dengan potensi pertanian dan peternakan yang dimiliki oleh Labangka. (Din)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top