Karyawan Astra Motor NTB Mendapat Pelatihan Pemadam Kebakaran

Mataram, 19/9/2021 (antbnews) – Main Dealer Astra Motor NTB selaku distributor sepeda motor Honda untuk wilayah Nusa Tenggara Barat memberikan pelatihan pemadam kebakaran untuk karyawannya, pada Sabtu (18/9/2021).

Hal itu merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan untuk merefresh karyawan yang bekerja di gudang distribusi maupun di back office dengan harapan edukasi ini dapat menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seluruh karyawan guna melindungi diri dan lingkungan apabila musibah kebakaran terjadi.

Bertempat di halaman kantor Astra Motor NTB yang terletak di Jalan TGH Saleh Hambali No 8 Dasan Cermen Mataram, edukasi diberikan kepada karyawan baru yang memiliki masa kerja kurang dari dua tahun.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik, acara yang dilangsungkan sejak pagi hingga siang hari dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sosialisasi tersebut pertama-tama dimulai dengan memberikan materi seputar bahaya kebakaran dan faktor-faktor apa saja yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Setelah itu peserta langsung diarahkan untuk praktek cara menjinakan api dengan menggunakan beberapa metode.

Muh. Zainurrohman selaku kordinator acara menyampaikan ada tiga metode yang dapat dilakukan untuk menjinakkan api. Pertama dengan menggunakan apar. Apar sendiri merupakan singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan atau biasa disebut fire extinguisher yaitu alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil.

Advertisement

Kemudian api juga dapat dijinakan dengan menggunakan lap basah. Kedua metode ini dapat digunakan pada skala api yang tergolong kecil. Dan metode ketiga yaitu dengan menggunakan selang pipa air atau hydrant.

Ni Nengah Sintya Nandasmara salah satu peserta edukasi mengatakan, pengalaman seperti ini merupakan kali pertama yang diikutinya.

“Setelah diberikan materi dan praktek, saya secara pribadi sudah bisa mengaplikasikan penggunaan alat apar yang selama ini saya sendiri tidak paham fungsi dan cara pemakaiannya seperti apa. Edukasi ini sangat bagus untuk memproteksi diri dari musibah yang tidak diinginkan terjadi. Semoga kita selalu dalam keadaan baik,” tutur Sintya.

  1. “Kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk CSR internal dari Astra Motor NTB kepada karyawannya dengan harapan dapat menambah wawasan serta pemahaman tentang bahaya kebakaran dan cara mencegah terjadinya bahaya kebakaran yang lebih besar lagi,” pungkas Oman. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top