Empat Ponpes Membentuk Forum Silaturahmi Bisnis Pesantren Lombok

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Achris Sarwani (tengah), bersama para pengurus empat ponpes yang menginisasi pembentukan Forum Silaturahmi Bisnis Pesantren. (Foto BI NTB)

Lotim (antbnews) – Para pengurus empat pondok pesantren (ponpes) di Pulau Lombok, NTB, sepakat membentuk Forum Silaturrahmi Bisnis Pesantren guna memaksimalkan potensi ekonomi umat yang relatif besar.

Forum Silaturrahmi Bisnis Pesantren tersebut diinisasi oleh empat ponpesn ternama di Pulau Lombok, yaitu Ponpes Al-Kautsar Al-Gontory, Ponpes Darunnahdlatain Pancor, Ponpes Nurul Haramain, dan Ponpes Nurul Bayan.

Pembentukan forum tersebut dipusatkan di Ponpes Al-Kautsar Al-Gontory, Kabupaten Lombok Timur, pada Rabu (26/2/2020). Hadir dalam acara tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Achris Sarwani.

Forum Silaturahmi Bisnis Pesantren tersebut merupakan suatu wadah awal untuk mendorong integrasi bisnis antar pesantren di wilayah Lombok dan sekitarnya.

Selain itu, dengan adanya forum tersebut diharapkan dapat membentuk pasar bersama melalui pemanfaatan potensi antar pesantren terutama dalan rangka memenuhi kebutuhan sendiri dan peningkatan perdagangan antar pesantren.

Advertisement

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Achris Sarwani mengatakan, dengan potensi yang dimilikinya pesantren tidak hanya bisa menjadi pusat dakwah dan sarana belajar agama, tapi juga sarana pemberdayaan ekonomi karena potensinya sangat besar.

Melalui pesantren bisa dibentuk unit-unit usaha syariah yang menggerakan ekonomi pesantren.

Apabila pesantren bisa menjadi pusat pemberdayaan ekonomi maka akan dapat menjadi agregator bagi kegiatan ekonomi masyarakat sekitar pesantren terlebih dengan dukungan jaringan ekonomi pesantren yang sudah dibentuk.

“Pesantren yang ekonominya berdaya serta mampu memberdayakan masyarakat sangat sesuai dengan tuntunan agama agar kita bisa menjadi manusia yang paling bermanfaat” kata Achris. (au)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top