Astra Motor NTB Edukasi Siswa SLTA tentang Keselamatan Berkendara

Para siswa SLTA mengikuti sosialisasi keselamatan berkendara secara daring. (ist)

Mataram, antbnews – Pembelajaran tatap muka di sebagian wilayah NTB kini masih dalam masa uji coba, namun sebagian besar pembelajaran masih menggunakan sarana media online atau secara daring. Menyesuaikan cara pembelajaran ini, Astra Motor NTB bersama tim safety riding PT. Astra Honda Motor kembali memberikan edukasi safety riding melalui webinar kepada siswa/i di sekolah menengah atas/ SMA sederajat yang terdapat di Pulau Sumbawa.

Sekolah yang menjadi sasaran edukasi di antaranya, SMKN 3 Sumbawa, SMAN 1 Lape dan SMAN 1 Maronge. Dengan diikuti sebanyak 50 peserta dari gabungan 3 sekolah menengah atas tersebut, acara webinar dapat berlangsung lancar hingga akhir sesi.

Acara diselenggarakan pada Senin (18/1) melalui zoom dengan dipandu oleh host dari tim safety riding Astra Motor NTB yaitu Satria Wiman Jaya, kegiatan berlangsung sejak pukul 09.00 Wita hingga 12.00 wita. Materi yang di sharingkan yaitu edukasi keselamatan berkendara bagi audiens yang berusia atau setara dengan pelajar SMA sederajat.

Zaky Zulfiar selaku instruktur safety riding AHM menjelaskan sebelum bepergian ada baiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada poin-poin utama yang terdapat di dalam sepeda motor.

Advertisement

“Periksalah kendaraan Anda meliputi bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, rem, lampu, baut, battery, radiator dan spion. Pemeriksaan ini secara berkala harus dilakukan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Itu dari segi faktor kendaraan, tak kalah pentingnya faktor manusia dan lingkungan juga tetap harus diperhatikan. Jangan memaksakan diri untuk berkendara apabila sedang dalam kondisi kurang fit karena akan membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Faktor lingkungan juga, jangan berkendara cuaca buruk seperti saat hujan deras atau menerobos rambu lalu lintas,” ujar Zaky.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan edukasi tentang safety riding kepada siswa SMA tentang keselamatan berkendara di jalan raya dengan aman dan menjadikan #cari_aman sebagai lifestyle. Untuk pelaksanaanya masih online menggunakan aplikasi zoom dan pematerinya langsung disampaikan oleh instruktur safety riding AHM tentang teory dan basic skill tentang keamanan berkendara.

Terlihat antusias dari para siswa maupun siswi selama webinar berlangsung. Harapannya dengan ada webinar ini akan menambah ilmu dan bisa di aplikasikan di kehidupan sehari-hari dan bisa di sharingkan dengan keluarga, teman, dan orang sekitar. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top