ACT NTB Kirim Tim Evakuasi Korban Banjir Sambelia Lombok Timur

Kepala Cabang ACT NTB,Lalu Muhammad Alfian, melepas Tim DER ke Sambelia. (Foto ACT NTB)

Lombok Timur (antbnews) – Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Lombok Timur, NTB, mengakibatkan tanggul sungai melempo jebol dan tiga dusun di Desa Obel-Obel, Kecamatan Sambelia, diterjang banjir bandang pada Minggu (23/2/2020), pukul 16.00 Wita.

Banjir yang begitu tiba-tiba sangat mengagetkan warga. Beberapa dusun yang terendam banjir adalah dusun Obel-Obel, Dusun Melempo, dan Dusun Mentareng.

Beberapa saat setelah banjir tim assesmen dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Lombok Timur langsung dikerahkan untuk mendata kondisi warga yang terdampak banjir.

Menurut laporan tim di lapangan, ada 59 unit rumah terendam dengan ketinggian kurang lebih satu meter, namun kondisi sekarang sudah surut tinggal menyisakan lumpur.

Warga yang mengungsi sebanyak 59 kepala keluarga. Namun tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Advertisement

Merespon laporan tim assesmen di lapangan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang NTB mengerahkan Tim DER (Disaster Emergency Response) langsung ke lokasi banjir pada Senin (24/2/2020).

Tim yang terdiri atas delapan orang akan mengevakuasi dan memberikan bantuan awal berupa terpal dan makanan siap saji kepada para korban banjir.

Tim membawa satu unit ambulans dan satu unit motor trail yang akan digunakan untuk masuk ke lokasi yang susah dilalui kendaraan roda empat.

Tim tersebut dilepas langsung oleh Kepala Cabang ACT NTB, Lalu Muhammad Alfian.

“Keberadaan kita ditengah-tengah masyarakat penyintas adalah panggilan nurani. Dan aksi kita di lapangan semata untuk mendapat ridhoNya sekaligus menggerakkan empati,” kata Alfian, sebelum melepas Tim DER ke Sambelia. (au)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top