Rutin Ganti Oli Mesin Bikin Sepeda Motor Tetap Awet

Mataram (antbnews) – Salah satu aspek terpenting dalam perawatan sepeda motor adalah mengganti oli secara teratur agar mesin selalu terlindungi dan performanya selalu dalam kondisi prima.

Sayangnya, langkah ini sering diabaikan pemilik kendaraan. Seiring waktu, oli di dalam ruang mesin akan terkontaminasi oleh partikel debu, kotoran, dan zat-zat kimia yang dihasilkan ketika mesin bekerja.

Hal ini menyebabkan kemampuan pelumasan oli berkurang dan bisa mengakibatkan gesekan berlebih pada komponen mesin.

Ketika mesin dipaksa bekerja lebih berat untuk mencapai performa terbaiknya, saat itulah proses pembakaran membutuhkan bahan bakar lebih banyak dibanding kondisi normalnya. Akibatnya konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Untuk menghindari efek negatif akibat sering telat mengganti oli, lakukanlah penggantian oli secara rutin dan teratur sesuai jadwal yang direkomendasikan pada buku pedoman kepemilikan sepeda motor.

Biasanya, jarak tempuh atau waktu tertentu menjadi acuan untuk melakukan penggantian oli. Perlu diketahui, setiap tipe motor memiliki interval yang berebeda dalam penggantian oli.

Gunakanlah AHM Oil yang telah diformulasikan untuk mesin motor Honda. Jangan lupa juga, untuk membawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat guna mendapatkan pemeriksaan dan perawatan rutin dari ahlinya.

Advertisement

“Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala akan menjaga performa sepeda motor tetap optimal. Selain itu, pemilik sepeda motor juga bisa melakukan pengecekan awal pada komponen sepeda motor yang rusak sehingga kerusakan lebih parah dan pengeluaran biaya yang lebih tinggi bisa dicegah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan bengkel AHASS jika merasa ada bagian sepeda motor yang tidak berfungsi dengan baik,” kata Technical Service Manager Astra Motor NTB, Dicky Maulana Akbar.

Dampak buruk dari risiko tak mengganti oli secara berkala diantaranya penurunan kinerja dan ketahanan mesin berkurang, bisa overheat, hingga konsumsi BBM jadi boros.

Untuk itu perlu untuk menjada performa mesin motor kesayangan Anda agar tetap prima sehingga usia pemakaian dapat lebih lama atau awet. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top