Budi Daya Madu Trigona Bangkitkan Perekonomian Warga Bengkaung Lombok Barat

Lombok Barat (antbnews) – Perkembangan bisnis budi daya madu trigona yang kian menjanjikan menjadikan bisnis ini tekun digeluti oleh Imamul Azkar, pengusaha Madu Trigona asal Desa Bengkaung Lombok Barat.

Dengan berkolaborasi bersama Astra Motor NTB selaku Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Nusa Tenggara Barat, pemilik budi daya madu trigona ini mengatakan berbagai tantangan kerap ditemui saat merintis bisnis ini.

“Astra Motor membantu kami tak hanya sumbangsih berupa materi dan peralatan untuk pembangunan rumah lebah, namun juga memberikan sumbangsih berupa ide-ide bisnis yang sangat membangun untuk UMKM ini. Itu yang mahal nilainya,” ucap Imam.

Kolaborasi ini juga tak berhenti sampai disitu, kami selaku pegiat Desa Wisata ingin agar sinergi bersama berbagai element masyarakat, stakeholder serta pemerintah untuk dapat mendukung Desa Wisata agar mampu meningkatkan taraf hidup warga di wilayahnya secara mandiri.

“Desa Bengkaung ini sudah mulai naik daun, banyak wisata yang muncul di perbukitan dan peluang ini juga ingin kami manfaatkan,” tandas Imam.

“Kami bekerjasama dengan Astra minta di support untuk cetak buku tentang Desa Wisata ini dan Madu Trigona. Nantinya akan disebar ke hotel-hotel dan pusat oleh-oleh. Harapannya saat pariwisata bangkit kembali, wisatawan bisa tertarik untuk singgah ke Desa Wisata yang membudidayakan madu ini. Ada angkringan sehat, tempat makan dan dalam waktu dekat ini kami ingin buat soft hiking,” tambah Imam.

Advertisement

Dalam kunjungannya ke kampung wisata edukasi Lebah Trigona Banuwara Bersatu, Corporate Communication Astra Motor NTB Made Deasy Natalia mengatakan, melalui program IGA (Income Generate Activity) Astra Motor ingin turut berkontribusi dalam mensukseskan program pemerintah daerah dalam menggerakkan Desa-Desa di kawasan rural agar berkembang menjadi Desa maju dan mandiri.

“Melalui program IGA (Income Generate Activity) yang telah berjalan semenjak tahun 2016, Astra Motor NTB telah membantu menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat binaannya yang kurang mampu untuk berwirausaha secara mandiri. Proses binaan ini berkelanjutan dari tahap awal hingga pasca produksi seperti turut membantu memasarkan produk madu trigona ke karyawan internal maupun relasi,” tutup Deasy. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top