Tetap #Cari_aman, Berkendaralah Saat Kondisi Tubuh Sedang Fit

Mataram (antbnews) – Berkendara tetap aman dengan selalu memperhatikan kondisi prima dari motor anda dan juga kondisi fisik Anda sendiri.

Jangan sampai niat hati ingin cepat sampai ke tempat tujuan, namun tak di dukung dengan kondisi fisik yang fit, justru malah bisa membahayakan diri anda sendiri dan juga pengguna jalan raya lainnya.

Astra Motor NTB selaku pelopor keselamatan berkendara membagikan informasi seputar bahaya apa yang dapat terjadi apabila anda memaksakan diri berkendara dalam kondisi tubuh yang tidak fit. Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding mengatakan tubuh akan secara alami memberikan sinyal atau tanda-tanda apabila sedang lelah. Sebaiknya hal ini perlu diwaspadai dan menjadi peringatan agar tak memaksakan diri.

“Tubuh lelah akan menghilangkan tingkat kewaspadaan saat berada dijalan. Anda akan jadi sering melamun, serasa memiliki tatapan kosong. Dan hal yang paling berbahaya apabila Anda mengalami microsleep saat sedang berkendara di tengah perjalanan. Kondisi inilah yang sering memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ujar Satria.

Advertisement

Terkadang hal yang kerap terjadi akibat hilangnya konsentrasi pengendara saat tubuh lelah yaitu tidak sengaja berkendara di jalur sebaliknya atau masuk pada jalur yang berlawanan arah. Apabila hal ini terjadi dan seketikan si pengendara tersadar, tentu ia akan melakukan rem mendadak yang dapat merugikan diri sendiri juga pengguna jalan lainnya.

“Jadi selalu ingat, jangan paksakan berkendara apabila kondisi tubuh Anda sedang tidak fit atau kelelahan. Ada baiknya istirahat sejenak di rest area atau mini market terdekat untuk memulihkan stamina kembali. Ingan selalu #Cari_aman saat di jalan dan jadikan penggunaan riding gear sebagai lifestyle Anda,” pungkas Satria. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top