Produk UKM Binaan PLN Kayla Mutiara Lombok Makin Mendunia

Lombok Barat, 29/3/2022 (antbnews) – Sebagai salah satu produk andalan di Nusa Tenggara Barat, mutiara Lombok telah diakui dan menjadi produk unggulan yang mampu menembus pasar nasional maupun internasional.

Salah satunya, Kayla Mutiara Lombok yang terletak di Jalan Raya Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Galeri milik Yulida Samad itu, merupakan salah satu mitra binaan yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RB) Lombok Barat, binaan PLN NTB.

Dengan omzet hampir mencapai Rp420 juta per tahun, produk Kayla Mutiara Lombok telah dinikmati oleh pecinta mutiara hingga ke luar negeri, seperti Hong Kong, Dubai, Qatar dan Korea Selatan. Produknya terdiri dari berbagai jenis mutiara air laut dan mutiara air tawar, dan dilengkapi dengan surat serta bersertifikat

“Saya berterima kasih kepada PLN atas kesempatan yang diberikan di tahun 2019 lalu, yaitu mengikuti pameran di Korea Selatan. Ini membuka jalan untuk Kayla mutiara di pasar internasional,” tutur Yuli.

Sebagai anggota dari RB Lombok Barat, Kayla Mutiara telah mengikuti berbagai program pelatihan yang telah disediakan oleh RB Lombok Barat untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Lombok.

“Kami banyak mengikuti pelatihan yang diadakan oleh RB Lombok Barat. Banyak sekali jenis pelatihan yang diadakan, mulai dari pemasaran, manajemen keuangan, foto produk, pengelolaan media sosial dan juga manajemen pelanggan”, ucap Yuli.

Advertisement

Sementara itu, Refa Purwati, Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN NTB mengungkapkan bahwa pembentukan RB Lombok Barat ini sejalan dengan program inisiatif Kementerian BUMN dalam rangka pemberdayaan UKM di daerah masing masing. Fungsi utama RB Lombok Barat ini sebagai wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari UKM di daerah masing masing.

“Selain keandalan penyediaan listrik, PLN juga berkomitmen untuk mendukung pengembangan UKM di NTB. Kami berharap, dengan adanya RB Lombok Barat, UKM di Lombok dapat tumbuh dan memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan ekonomi masyarakat di sekitarnya, terutama di NTB pada umumnya”, kata Refa.

Sebagaimana diketahui, RB Lombok Barat yang merupakan binaan PLN NTB ini telah terbentuk sejak tahun 2016, dengan beranggotakan UKM dari berbagai macam usaha. RB Lombok Barat ini memberikan pelatihan secara gratis bagi 77 anggotanya yang aktif hingga saat ini, yakni UKM yang berlokasi di Kabupaten Lombok Barat. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top