Lakukanlah Hal ini Agar Mesin Motor Injeksi Awet dan Mulus

Mataram, 26/2/2022 (antbnews) – Sistem injeksi sepeda motor memang membuat perawatannya menjadi lebih mudah. Bahkan pemilik motor injeksi tak perlu melakukan perawatan injeksi seperti pada sistem pengkabutan bahan bakar karburator.

Pada dasarnya sistem injeksi dan karburator sama-sama memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang bakar. Yang membedakan adalah bentuk komponen, cara kerja serta perawatannya. Dengan sistem injeksi, proses perawatan dan pembersihan komponen penyalur bahan bakar ke ruang bakar itu jadi lebih mudah dan tak sesering sistem karburator.

Saat ini, seluruh tipe motor keluaran Honda telah menggunakan teknologi injeksi yang dikenal dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Ini merupakan sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan kontrol elektronik yang dapat memasok bahan bakar dan oksigen secara optimal sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan.

“Injektor yang diaplikasikan pada sepeda motor Honda pun mempunyai lubang sembur paling kecil di dunia, yakni 0,13 mm sehingga efek yang dihasilkan adalah semburan bahan bakar lebih berkabut sehingga mudah terbakar dan ini berdampak lebih menghemat konsumsi bahan bakar,” kata Anton Prihatno Manager Technical Service Astra Motor NTB.

Lalu apakah sepeda motor injeksi tetap memerlukan perawatan? Jawabannya adalah tentu perlu dan harus dilakukan. Bedanya interval pembersihannya lebih lama dibandingkan dengan system karburator.

Salah satu yang perlu diperhatikan oleh pengguna motor injeksi adalah kotoran dari bahan bakar yang bisa menumpuk di saringan pompa bahan bakar dan lubang injector karena bisa menghambat bahkan menyumbat penyaluran bahan bakar ke ruang bakar. Kotoran tersebut bisa menimbulkan masalah pada mesin seperti mesin susah dihidupkan, mesin brebet, hingga yang terparah motor mogok dan sulit dihidupkan.

Sebenarnya apa sih yang harus kita lakukan agar motor injeksi lebih awet?
Gunakan Bahan Bakar Sesuai Rekomendasi Pabrikan. Dengan penggunaan bahan bakar yang tepat akan membuat proses pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Kemudian periksa kondisi Battery/Aki Secara Berkala. Teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi battery atau aki untuk menghidupkan mesin pada sistem pembakaran.

Advertisement

Lakukanlah pengecekan dan ganti busi secara berkala. Busi bertugas dalam penyalaan pengapian saat proses pembakaran pada mesin. Jika kondisi busi kurang baik, tentu dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna sehingga mesin akan dirasa kurang bertenaga bahkan motor sulit dihidupkan.

Gantilah saringan udara secara berkala agar udara yang masuk ke ruang bakar tetap lancar. Udara kotor yang masuk ke ruang bakar dapat mengganggu proses pembakaran menjadi tidak maksimal serta dapat mengkontaminasi permukaan injektor. Gantilah saringan udara sesuai jadwal berkala atau jika kondisi sudah kotor.

Periksalah tekanan pompa bahan bakar dan jarak renggang klep secara berkala. Jika tekanan pada pompa bahan bakar kurang, injektor tidak bisa menyemprotkan bahan bakar dengan sempurna. Setelan klep yang tidak tepat akan mempengaruhi proses pembakaran menjadi tidak optimal.

Rutinlah mengganti oli secara berkala. Dengan kondisi oli yang bagus dapat membantu kinerja mesin lebih optimal. Periksalah tinggi permukaan oli mesin secara teratur, dan tambahkan oli mesin yang dianjurkan jika diperlukan. Oli yang kotor atau oli yang sudah lama harus diganti sesegera mungkin. Dan terakhir yaitu servis motor sesuai jadwal perawatan berkala.

“Dengan melakukan servis secara berkala akan menjadi tindakan preventif untuk mencegah terjadinya kondisi pemburukan. Karena injeksi terhubung dengan perangkat elektronik maka proses membersihkannya perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu komponen sepeda motor yang terhubung dengan system elektronik. Lakukanlah perawatan berkala hanya pada bengkel resmi Honda yaitu AHASS yang sudah terjamin kualitasnya,” pungkas Anton. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top