Kampung Berseri Astra Dasan Cermen Dijadikan Percontohan “Kotaku”

Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh, mengunjungi Kampung Berseri Astra, di Kelurahan Dasan Cermem. (Foto Astra)

Mataram, antbnews – Kampung Berseri Astra di Kelurahan Dasan Cermen, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dijadikan salah satu percontohan pengentasan kawasan kumuh melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Program Kotaku adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Anggaran sebesar Rp7 miliar digelontorkan pemerintah pusat untuk dibagi pada tujuh kelurahan. Antara lain, Kelurahan Cakranegara Selatan Baru, Cakranegara Barat, Rembiga, Jempong, Dayan Peken, Dasan Cermen, dan Punia. Masing-masing mendapat Rp1 miliar.

Acara peresmian Kotaku sudah digelar pada 9 Oktober 2020, di Kelurahan Dasan Cermen tepatnya di Kampung Berseri Astra.

Kampung Berseri Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program, yaitu pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan.

Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Advertisement

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Group Astra dan juga Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh.

Dalam kunjungannya Ahyar Abduh memaparkan bahwa kolaborasi antara Pemerintah Kota, masyakarat dan perusahaan-perusahaan khususnya PT Astra patut diapresiasi.

“Sudah lima tahun PT Astra turut serta membantu Pemerintah Kota Mataram dalam menyukseskan program Kotaku di Kota Mataram. Untuk itu saya atas nama Pemerintah Kota Mataram menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Astra. Astra jaya, Astra terus maju dalam rangka mewujudkan 4 pilar yang harus disukseskan. 4 pilar itu adalah pendidikan, lingkungan, kesehatan dan kewirausahaan. Terimakasih, NKRI harga Mati,” ujar Ahyar Abduh.

Adm Fin Sub Dept Head Astra Motor NTB, Gusti Ayu Liliek Ratmawati, mengatakan pihaknya tetap konsisten untuk membina masyarakat Kampung Berseri Astra yang ada di Dasan Cermen.

“Harapannya dengan adanya program dari pemerintah ini semakin meningkatkan semangat masyarakat KBA sehingga dimasa pandemic seperti saat ini mampu menopang kebutuhan hidup sehari-hari dan dapat meningkatkan taraf perekonomian yang lebih baik,” tutup Gusti Ayu. (Al)

Share this post

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top